Apa bedanya baking soda dan baking powder? Berikut penjelasannya

Written by jiwajgeinnna on July 10, 2024 in kuliner with no comments.

Baking soda dan baking powder adalah dua bahan yang sering digunakan dalam pembuatan kue dan roti. Meskipun keduanya memiliki nama yang mirip, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam penggunaan dan fungsinya dalam proses memasak.

Baking soda, atau soda kue, merupakan bahan yang bersifat basa dan digunakan untuk membuat adonan kue atau roti menjadi mengembang. Baking soda akan bereaksi dengan asam dalam adonan, seperti cuka atau yogurt, dan menghasilkan gas karbon dioksida yang membuat adonan mengembang. Oleh karena itu, baking soda sering digunakan dalam resep adonan yang mengandung bahan-bahan asam, seperti kue coklat atau kue lemon.

Di sisi lain, baking powder adalah campuran antara baking soda dan asam yang sudah terkandung dalam bubuk. Baking powder sudah tercampur dengan asam, sehingga tidak memerlukan bahan asam tambahan untuk bereaksi. Hal ini membuat baking powder lebih praktis digunakan dalam pembuatan kue atau roti, terutama bagi para pemula yang belum terlalu familiar dengan teknik penggunaan baking soda.

Selain itu, baking powder juga memiliki varian yang disebut double-acting baking powder, yang bereaksi dua kali selama proses memasak. Double-acting baking powder akan menghasilkan gas karbon dioksida pertama kali ketika terkena cairan, dan kedua kalinya ketika terkena panas. Hal ini membuat kue atau roti yang dibuat dengan double-acting baking powder memiliki tekstur yang lebih lembut dan mengembang.

Meskipun keduanya sama-sama digunakan untuk membuat adonan kue atau roti mengembang, perbedaan antara baking soda dan baking powder sangat penting untuk diperhatikan dalam proses memasak. Memilih bahan yang tepat sesuai dengan resep yang digunakan akan memastikan hasil akhir kue atau roti yang sempurna dan lezat. Jadi, jangan lupa untuk selalu membaca petunjuk penggunaan bahan-bahan tersebut sebelum memulai proses memasak!

Comments are closed.