Dokter sebut prevalensi anak terkena alergi susu sapi capai 7,5 persen

Written by jiwajgeinnna on June 29, 2024 in bugar with no comments.

Menurut sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh dokter ahli alergi di Indonesia, prevalensi anak yang terkena alergi susu sapi mencapai 7,5 persen. Alergi susu sapi merupakan kondisi di mana tubuh anak tidak dapat mentoleransi protein yang terdapat dalam susu sapi, yang menyebabkan reaksi alergi seperti ruam kulit, muntah, diare, hingga sesak napas.

Studi ini dilakukan dengan mengamati sejumlah anak yang datang ke klinik alergi di berbagai daerah di Indonesia. Hasilnya menunjukkan bahwa alergi susu sapi merupakan salah satu alergi makanan yang paling umum terjadi pada anak-anak. Hal ini menjadi perhatian serius bagi orangtua dan tenaga medis untuk lebih memahami dan mengelola kondisi ini.

Dokter ahli alergi menekankan pentingnya deteksi dini dan penanganan yang tepat terhadap anak-anak yang menderita alergi susu sapi. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan uji alergi untuk memastikan diagnosis yang tepat, serta memberikan perawatan yang sesuai dengan kondisi anak.

Selain itu, orangtua juga perlu memperhatikan pola makan anak dan menghindari memberikan makanan yang mengandung susu sapi kepada anak yang memiliki alergi terhadapnya. Penggantian dengan susu alternatif yang tidak mengandung protein susu sapi seperti susu kedelai atau susu almond dapat menjadi pilihan yang lebih aman.

Dengan adanya penelitian ini, diharapkan kesadaran masyarakat akan alergi susu sapi pada anak-anak semakin meningkat. Dengan penanganan yang tepat dan pola makan yang sesuai, anak-anak yang menderita alergi susu sapi dapat tetap sehat dan berkembang dengan baik.

Comments are closed.