Sejumlah faktor yang dapat memperburuk kondisi gerd

Written by jiwajgeinnna on July 4, 2024 in bugar with no comments.

GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah kondisi yang disebabkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan. Meski tidak berbahaya, kondisi ini dapat menyebabkan gejala yang tidak nyaman seperti nyeri dada, mulas, dan bahkan gangguan tidur. Beberapa faktor dapat memperburuk kondisi GERD, di antaranya adalah:

1. Makanan dan Minuman
Makanan dan minuman tertentu dapat memicu naiknya asam lambung dan memperburuk gejala GERD. Makanan pedas, berlemak, dan berkarbonasi dapat meningkatkan produksi asam lambung sehingga sebaiknya dihindari oleh penderita GERD. Selain itu, minuman berkafein dan alkohol juga dapat memperburuk kondisi ini.

2. Kebiasaan Merokok
Merokok dapat merelaksasi otot sfingter esofagus bawah yang berfungsi sebagai katup antara kerongkongan dan lambung. Hal ini dapat menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan dan memperburuk gejala GERD.

3. Obesitas
Obesitas atau kelebihan berat badan dapat meningkatkan tekanan pada lambung dan memperburuk gejala GERD. Selain itu, lemak di sekitar perut juga dapat menyebabkan peningkatan produksi asam lambung.

4. Stres
Stres dapat mempengaruhi sistem pencernaan dan meningkatkan produksi asam lambung. Hal ini dapat memperburuk gejala GERD dan memperpanjang masa pemulihan.

5. Kebiasaan Berbaring Setelah Makan
Kebiasaan berbaring setelah makan dapat menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan. Sebaiknya tunggu minimal 2-3 jam setelah makan sebelum berbaring agar lambung memiliki waktu untuk mencerna makanan.

6. Penggunaan Obat-obatan Tertentu
Beberapa obat seperti obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), obat penghilang rasa sakit, dan obat tekanan darah dapat memperburuk gejala GERD. Konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami gejala GERD setelah mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Dengan menghindari faktor-faktor di atas dan mengikuti anjuran dokter, Anda dapat mengelola kondisi GERD dengan lebih baik. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika gejala GERD Anda semakin parah atau tidak membaik dengan pengobatan yang sudah diberikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami kondisi GERD.

Comments are closed.